Senin, 29 Januari 2018

Saat Panas Distarter Seperti Aki Nggak Kuat

Kejadin saat mobil panas kok susah hidup. Distarer seperti aki tekor padahal aki baru di cas. Terkadang persoalan mobil dengan usia pemakian yang sudah tua membingungkan. Sudah dibelikan ini dan itu masih ada juga penyakitnya. Itulah resiko memiliki dan merawat mobil tua. 

Dari hasil pengalaman berbagai penyakit pada dinamo starter mobil sudah diketahui. 


1. Saat dingin starter gampang tetapi saat panas distarter seperti aki tekor. Solusi cek angker atau bantalan dinamonya dan sekalian ganti bos dinamo warna kuning sebagai dudukan untuk berputar dinamo starter. Yang dimaksud angker atau bantalan dinamo adalah tempat gulungan sepul dari dinamo itu sendiri. Jika sudah aus dan oblag maka daya magnitnya berkurang apalagi saat panas. Ditambah lagi bos dinamonya juga oblag. Maka yang terjadi aki tidak akan kuat memutar dinamo yang oblag dan macet. Akibatnya terdengar seperti aki tekor tidak kuat ngangkat.

2. Saat distarter bunyi cetek cetek saja. Masih untung kalau ditarter lagi bisa langsug hidup mobilnya. Kalau tidak yang terjadi adalah aki tekor karena distarter berkali kali hanya bunyi cetek cetek saja. Penyakit ini disebabkan karena usia pemakain bendik starter. Bisa juga disebabkan karena gigi pada roda gendeng sudah aus sehingga pertemuan antara gigi bendik dan gigi roda gendeng tidak pas sehingga yang menyangkut ke gigi gendeng hanya ujung dari gigi bendiknya. Akibatnya hanya terdengan bunyi cetek cetek saja. Solusi sementara bisa mencongkel gigi roda gendeng agar maju dahulu kemudian distarter lagi. Solusi permanen yaitu ganti gigi bendik yang berjumlah 9. Ciri dari gigi bendik ini giginya terlihat kecil dan seperti baja kuat sehingga mudah bertemu atau masuk pada gigi roda genndeng. 

3. Saat distarter sama sekali tidak ada tanda-tanda dinamo berbunyi. Padahal aki baru dicas. Penyakit ini disebabkan karena switch starternya sudah rusak. Fungsi switch ini seperti switch pada motor yang menggerakkan bendik agar maju mundur saat distarter. Sebelum memastikan apakah switchnya yang rusak sebaiknya periksa dahulu kabel setrum dari aki. Apakah sudah menempel kuat klemnya. Karena bisa jadi klem kabel kendur sehingga tidak ada setrum yang menggerakkan. 

Mengingat pentingnya dinamo starter, disarankan jika ada masalah pada saat starter jangan menunda nunda segera service tukang dinamo. Bayangkan jika saat sedang berjalan dengan keluarga tercinta saat sedang macet lama dan mobil dimatikan. Kemudian mobil susah hidup kembali. Atau setelah parkir saat belanja starter bermasalah tentu sangat merepotkan. Sekedar info untuk harga dinamo starter baru berkisar 500-750 ribu. Ganti angker atau bantalan dinamo harga berkisar 1125-150 ribu. Bos dinamo kuningan berkisar 3000-5000 ribu. Harga switch starternya saja berkisar 200-300 ribu. Harga dinamo starter yang original SGP berkisar 1-2 juta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar