Selasa, 13 Februari 2018

Masalah Umum Pada Mobil Carry Dan Cara Mengatasinya

Mobil yang usianya diatas 10 tahun bahkan ada yang diatas 20 tahun seperti mobil carry lawas seringkali bermasalah ketika dalam perjalanan. Jika yang punya tahu seluk-beluknya dan sudah diantisipasi, tentu akan aman-aman saja ketika mocil diajak jalan dekat maupun jauh. Tetapi lain halnya jika pemilik mobil masih awam tentang mobil. Terkadang mobil tiba-tiba saja mogok tanpa diketahui apa penyebabnya. 

Secara umum kondisi mobil yang sudah berusia lanjut, sama seperti kondisi manula sering sakit-sakitan. Beberapa masalah umum yang sering terjadi adalah :

1. Mobil susah distarter saat pagi hari. Ini sudah umum untuk mobil yang masih masih menggunakan teknologi lawas. Jika mobil dalam kondisi normal cara mengatasinya cukup mudah. Posisikan kontak pada kondisi ON dan biarkan rotax berbunyi hingga berhenti. Kocok pedal gas 3-4 kali dan starter. Bila belum hidup. Ulangi kocok pedal gas 3-4 kali. Starter lagi mudah-mudahan langsung menyambar dan hidup.Kesalahan yang sering terjadi adalah langsung distarter berulang-ulang bahkan dikocok-kocok terus pedal gasnya hingga banjir dan aki tekor. Akhirnya mobil tidak hidup aki tekor.Beberapa kesalahan lain adalah ketika karburator banjir yang dikutak-kutik bagian platinanya, bagian setelan anginnya ataupun setelan rpm nya. Padahal jika karburator banjir cukup tekan pedal gas yang dalam atau dengan cara membuka dan membersihkan busi saja. 

2. Mobil susah distarter saat mesin panas. Saat mesin panas seharusnya gampang distarter tapi sebaliknya. Ini penyebabnya antara lain bisa dari koil yang sudah lemah. Cirinya saat dipegang panas sekali. Bisa dari dinamo starternya terutama pada bagian bos dinamo yang aus sehingga saat distarter dinamo susah bergerak. Cirinya seperti aki tekor. Bisa jadi juga dari angker atau bantalan dinamo yang sudah baret atau longgar sehingga putaran dinamo saat mesin panas susah bergerak. Beberapa kemungkinan lain busi yang hitam pengapian kecil sehingga susah hidup. Penyebab lain juga bisa dari klem massa yang kendur atau kurangnya massa pada bagian-bagian mesin.

3. Mobil bunyi kemrosok atau crek-crek tetapi saat diinjak pedal kopling hilang bunyinya. Penyebabnya adalah pada bagian set kopling sudah ada yang aus. Bisa dari bagian laher sudah tipis bagian mataharinya sudah aus. Solusi turun perseneleng dan ganti set koplingnya. 

4. Mobil tidak bertenaga hanya suara saja yang besar meraung-raung apalagi pas ditanjakan. Penyebabnya adalah set kopling pada bagian kanpasnya sudah tipis atau aus. 

5. Mobil tersendat-sendat atau mbrebet-mbrebet saat diajak jalan atau bahkan terasa pincang suaranya. Penyebabnya adalah bisa dari busi ada yang sudah mati atau ada salah satu yang hitam dan tidak mengeluarkan api. Kemungkinan lain dari tangki bensin yang kotor sehingga rotax kadang nyedot dan kadang tidak. Penyebab lain bisa juga dari kabel busi yang sudah bocor sehingga pengapiannya keluar dari kabel. Bisa juga dari bagian pelampung karburator yang tidak normal. Karburator kotor atau tersumbat. Platina sudah ngupil atau berkerak sehingga pengapian tidak normal, rumahan platina sudah tidak stabil. Semua bisa terjadi pada bagian pengapian dan suplay bensin.

6. Mesin terasa panas di kaki, indikator temperatur cepat naik dan tidak ada tanda tanda mau turun. Penyebabnya radiator mampet, sirkulasi pendingin terhenti. Water pump macet, thermostat rusak. Ini semua bisa terjadi pada bagian pendingin mobil tua. Jika pemilik mobil tidak cepat tanggap maka yang terjadi adalah packing silinder kop tidak mampu menahan panas mesin yang berakibat packingnya rembes air dan oli. Akibatnya mobil keluar asap ngebul dan oli mesin berwarna coklat susu. Jika mengalami kondisi mobil seperti ini sebaiknya segera turun mesin. Solusi lain selain turun mesin juga wajib korok radiator, ganti water pump, dan ganti thermostat. 

7. Terdengar suara gluduk-gluduk saat ketemu jalan berlubang atau saat berjalan pada jalan terjal. Penyebabnya tidak lain adalah bagian ball joint sayap dan ball joint teroid sudah aus. Biasa juga sok kejut sudah mati. Per keong sudah dipotong, Kondisi ini biasanya mobil glayar-gluyur kekanan dan kekiri saat ketemu jalan miring atau tidak rata. Jarak bebas setir tidak stabil. Solusi ganti sayap dan teroidnya atau press lagi bagian ball jointnya. 

8. Jarak bebas setir tidak sama atau renggang sekali. Penyebab umum setelan worm setirnya kendur. Yang parah bagian kontrol bebeknya kurang pas dan laher penahan sudah rusak karena oli kering atau usia pemakaian.

9. Mobil setelah dicuci susah hidup. Penyebabnya bagian delco atau platina kena semprot air sehingga air masuk pada pengapian platina. Atau air masuk pada celah penutup busi. Solusi buka delconya dikeringkan, diamplas platinanya, dikeringkan bagian businya, atau dilap dengan lap kering.

10. Lampu sein kadang berkedip kadang tidak. Solusi ganti flasher nya yang original. Lampu utama tidak terang. Gunakan relay atau ganti relay kemungkinan sudah rusak.

11. Indikator bensin tiba tiba ngaco. Penyebabnya ada dua kemungkinan. Pelampung sudah karatan bagian elemennya karena usia pemakaian, atau kawat elemen pada indikatornya sudah tidak berfungsi karena karatan sehingga kurang sempurnya menghantarkan sinyal dari pelampung bensin.

12. Pintu mobil saat ditutup harus dibanting. Penyebabnya pada bagian engselnya sudah turun atau aus. Solusi ganti engsel pintu yang baru.

13. Indikator oli menyala terus atau menyala saat digas. Penyebabnya kurang oli, filter oli kotor, atau yang parah pompa oli sudah rusak.

10 komentar: