Rabu, 31 Januari 2018

Cara Mudah Memahami Kelistrikan Mobil Carry

Banyak cara untuk memahami kelistrikan mobil carry khususnya bagian pengapian agar mobil bisa hidup. Secara sederhana kelistrikan mobil carry di bagi menjadi dua bagian. 

1. Bagian kontak. Bagian kontak umumnya ada 4 kabel yang memiliki satu soket. Untuk menghidupkan mobil yang paling utama adalah kabel pada jalur bateray (aki), ign kontak (on) dan st (starter). Jika ingin belajar merakit sendiri persiapkan dulu kabel sepanjang 15-20 meter yang bisa dibeli di toko onderdil mobil per meternya berkisar 5000-6000 ribu. Untuk mencoba dengan kabel kecil dahulu tidak apa-apa karena seharusnya untuk kabel bagian jalur aki baterry, on dan starter lebih besar dan kuat. Siapkan isolasi, dan siapkan soket kontak. Langkah pertama disarankan hanya melepas soket nya saja lama pada bagian kontak. Dengan demikian jika ada kesalahan hanya memasang kembali soket lama yang dilepas.  

Secara sederhana jalurnya adalah sebagai berikut:



Cara pemasangannya memang berbeda-beda tapi intinya sama. Yang jelas cara sederhananya seperti gambar diatas.

2. Yang kedua bagian kabel body depan dan belakang biasanya sudah ada soketnya nya tinggal pasang. Untuk bagian kelistrikan depan intinya hanya mengambil jalur setrum baik dari kontak on maupun mengambil jalur setrum dari aki langsung. Pada bagian indikator mengambil setrum dari kontak on, dan jalur lampu mengambil setrum langsung aki melalui saklar.  

Semua jalur kelistrikan dari setrum kontak on dan setrum aki langsung melaui fuse box sekring. Jadi sekring ini sebagai pengaman setrum adari aki yang menuju ke semua kelistrikan termasuk pada kontak. Sedangkan bagian massa disarankan diperbanyak kabelnya. Klem massa harus kuat menempel baik pada sasis besi body, pada body mesin seputar delco, dinamo pengisian, dan sekitar busi.

9 komentar:

  1. Mas, punya diagram litrik keseluruhan mobil suzuki 1.5 ?

    BalasHapus
  2. Kga detail mas...masih bingung klo gini

    BalasHapus
  3. salam pak Bos dengan saya agus penggemar suzuki cary, bos saya punya suzuki cary fitira thn 2003 sudah cdi tapi masih menggunakan carbo, sdh berbulan bulan tidak hidup setelah penggantian kelep dan delco cmn belum bisa hidup, pertanyaan saya Gimana mas cara ganti temng belt dan cara mencari top penyetelan kelep, yg kedua gimana cara penyambungan kabel kelistrikan ke coil dan distributor, terimakasih

    BalasHapus
  4. salam kenal, halo shobat oto mobil, dalam artikel kali ini saya ingin mintak penjelasan cara pembersihan carborator cary futura 1,5 mohon tutorialnya makasih

    BalasHapus
  5. Bos bantu jalur kabel api dan masa ke lampu depan yg benar,soal nya punya saya saklar belum di utik tapi di socket lampu depan sdh ada api nya .. ?

    BalasHapus
  6. Reting blkg kanan carry ngak ada arusnya gimana caranya

    BalasHapus
  7. Mobil cery saya sen bermasalah ,klau di jalan buruk suka mati pas saya pegang2 kabel bawah setir hidup lg , apa ya masalahnya bos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi sambungan kabelnya longgar. Gejala biasanya kalau dipegang terasa panas...

      Hapus
  8. Gimana cara mengatasi dinamo stater yang kekurangan api,sedangkan aki baru dan dinamo staternya masih bagus

    BalasHapus