Busi berwarna hitam bisa dikatakan belum sempurna pembakarannya. Tidak sulit mengenali mobil yang businya berwarna hitam. Cukup melihat lubang knalpotnya saja sudah kelihatan. Biasanya terlihat hitam dan berkerak. Berbeda jika lubang knalpot pada mobil baru. Akan terlihat kering tidak ada warna sama sekali. Lain lagi mobil yang sudah lama dipakai akan terlihat coklat kering. Ini artinya pembakaran sudah sempurna.
Pertanyaannya adalah apa penyebabnya. Pertama bisa dari pengapian koil yang sudah lemah, setelan platina kurang pas, sehingga pegapian busi kecil berwarna merah dan loncatan apinya pendek. Dengan demikian kalau busi kecil maka permintaan bensin maunya diborosin. Kalau setelan rpm nya tidak dinaikkan biasanya mesin akan mati bahkan kalau di gas brebet-brebet seperti kurang suplay bensin. Lain halnya jika menggunakan koil original yang masih baru dengan setelan platina yang pas dan ditambah pula dengan TCI, percikan api pada busi akan tinggi berwarna biru. Kondisi ini secara otomatis rpm langsam bisa disetel kecil pun mesin masih tetap mau hidup. Tinggal langkah kedua menyetel udara dikecilkan agar pengabutan bensin yang masuk ke ruang pembakaran pas dan tidak boros. Langkah ketiga adalah membersihkan filter udaranya agar terhindar dari kotoran yang dapat menghambat proses pengabutan bensin ke ruang pembakaran.
Jadi menyetel udara karburator tanpa diimbangi dengan pengapian busi yang maksimal tidak akan merubah warna busi menjadi coklat kering atau merah bata. Pada sisi lain menggunakan thermostat juga bisa mempercepat suhu kerja mesin tercapai. Mesin butuh suhu panas tertentu agar pembakaran pada busi menjadi sempurna.
Pada kasus lain kalau hanya ujungnya saja yang berwarna merah bata atau warna busi masih saja berwarna hitam padahal api busi sudah besar berwarna biru, ada kemungkinan ring seher sudah rembes oli karena bisa saja mengisi oli terlalu penuh tanpa mengecek stik oli. Atau oli jarang diganti sehingga oli kotor yang menyebabkan kotoran masuk lewat celah ring seher sehingga blok seher baret dsb.
Penyebab lain busi tidak mau berwarna coklat kering atau merah bata karena pada bagian ruang pembakaran sudah ada kerak hitam yang menumpuk tebal akibat usia pemakaian yang membiarkan bensin boros tanpa ada tindakan untuk memperbaiki. Sulusi kasus semacam ini bahasa orang bengkel itu di kodok tanpa turun mesin untuk dibersihkan sekalian ganti ring sehernya saja.
Permisi ndan...busi mobil carry injeksi saya hitam kering...apa kira2 penyebab nya...mohon bantuan nya.trima kasih
BalasHapus