Setir mobil adalah bagian terpenting untuk menggerakkan ke kanan dan kekiri. Bagian setir perlu mendapat perhatian seirus karena keselamatan berkendara juga dipengaruhi oleh gerakan setir yang nyaman. Setir mobil dikatakan nyaman apabila digerakkan dalam keadaan diam jarak bebasnya pendek, mudah untuk digerakkan kekanan dan kekiri sampai mentok.
Setir pada mobil suzuki carry sangat simpel. Jika diurut dari bagian setir ke bawah ada beberapa komponen yang mempengaruhi gerakan setir seperti tampak pada gambar diatas. Biasanya usia pemakaian mempengaruhi keausan pada komponen setir. Masalah yang sering terjadi adalah sebagai berikut.
A. Mengecek setir posisi belum didongkrak
1. Setir digerakkan ke depan dan belakang terasa oblag. Solusi ganti karet dudukan atas bawah pada bagian poros utama.
2. Pada saat diam, cobalah setir digerakkan ke kanan dan kekiri. Perhatikan pada bagian poros utama setir bagian bawah. Ada join kopel dan ada karet. Jika digerakkan terasa jarak bebas panjang kemungkinan masalah ada pada join kopelnya atau karetnya yang lubang bautnya sudah melebar atau karet nya sudah lemah.
B. Mengecek setir setelah didongkrak
Untuk mengecek secara keseluruhan langkah pertama adalah mendongkrak pada bagian tengah sasis depan agar semua ban depan terangkat. Ingatlah demi keamanan dan keselamatan dalam berkerja, disarankan setiap mendongkrat carilah balok kayu untuk melapisi dongkrak agar jika dongkrak meleset atau turun ada penyangga baloknya.
Untuk mengecek pada saat ban depan terangkat, gerakkan setir ke kanan dan kekiri. Jika jarak bebas setir ke kanan dan kekiri terlalu panjang bisa dilakukan penyetelan ulang pada bagian bak roda gigi setir atau yang disebut dengan worm setir. Cara mengencengkan atau mengendorkan sangat mudah. Masukkan kunci 14-15 untuk menahan dan putarlah setelan dengan obeng min. Ke kanan mengencengkan dan ke kiri mengendurkan. Setelah selesai menyetel gerakkan kembali setir ke kanan atau kekiri apakah ada perubahan atau tidak. Disarankan menyetel jangan terlalu kenceng dan juga jangan kendur. Pilihlah setelah yang sedang atau agak berat dikit untuk menghindari setir glayar-gluyur sendiri saat jalan kencang di tol. Tapi itu semua tergantung selera. Ada yang suka setir enteng, ada juga yang suka setir agak berat dikit. Jadi tergantung selera pada setelan worm setirnya.
Kasus yang sering dijumpai ketika sudah disetel worm setirnya tetapi masih terasa panjang jarak bebasnya. Atau gerakan ke kanan dan ke kiri tidak sama dan saat setir dibelokkan ke kiri atau ke kanan terasa berat sekali. Solusi nya adalah mengecek baut worm setirnya karena bisa jadi pada kendur karena usia pemakaian. Jika belum ada perubahan, langkah terakhir adalah membuka bagian dalam worm setir. Kerusakan yang sering terjadi karena sealnya rusak dan oli worm setir kering sehingga merusak laher sebagai dudukan kontrol bebek atas bawah dan gerakkannya menjadi seret sekali. Jadi penggantian part worm setir yang pasti harus diganti adalah sealnya, lahernya, dan olinya. Perkiraan biaya 70-150ribu. Namun jika pada bagian kontrol bebek sudah aus atau rusak pada bagian dudukan lahernya, sebaiknya juga diganti. Harga berkisar 200-500 ribu.
Untuk pemasangan worm setir harus dilepas karena menyetel worm setir itu harus pakai hitungan putaran agar posisi kontrol bebek berada persis ditengah. Misalnya dari atas atau kanan kontrol bebek 8 putaran, maka dari bawah atau kiri juga 8 putaran. Maksudnya adalah agar saat worm setir terpasang gerakan setir ke kanan dan kekiri itu sama jaraknya. Ban kiri bisa dibelokkan mentok kekiri dan ban kanan bisa dibelokkan mentok ke kanan.
Agar hasil lebih maksimal, bagian setir itu bukan hanya worm setirnya saja. Ada kompenen lain yang saling berhubungan dengan gerakan setir. Ada lengan pitmen yang berada di tengah, ada batang pengikat dan batang relay teroid dan ada ball join sayap. Disarankan sekaligus di cek. Cara mengeceknya sangat mudah. Jika karet lengan pitmen yang ditengan sudah longggar maka akan terlihat oblag. Begitu juga ball join teroid dan sayap akan jelas terlihat oblag jika diputar menggunakan tangan. Normalnya adalah karet tengah pitmen, ball join teroid dan sayap itu seret sekali jika diputar pakai tangan.
Mantap ilmunya om..
BalasHapusBuat belajar om
Mbl sy juga putaran setir kekanan dan kekiri terlalu bnyk padahal roda dpn mbl cuman belok sedikit dan terlalu ringan.klo dipakai jarak jauh bahayakah..? Mksh Om..
BalasHapusBahaya mas...pas melaju cepat dan menikung itu bahaya..harus cepat diperbaiki
HapusOra.iku opo jare style sopire ae. Sing tepak iku duduk jarak jauh e. Tapi lek mlaku kenceng lek kentengen ora apik, jareku seh
BalasHapusTrims ya broo. Mamfaat ilmune
BalasHapusMatur nuwun mas bro.... busa belajar sedikit sedikit untuk dandanin tumpakanku
BalasHapusboss...waaku beloane enak,tapi lek dalan gronjal bunyi glek glek.as worem lek di angkat angkat kocak.opo boss solusine?...
BalasHapusboss...waaku beloane enak,tapi lek dalan gronjal bunyi glek glek.as worem lek di angkat angkat kocak.opo boss solusine?...
BalasHapusboss...waaku beloane enak,tapi lek dalan gronjal bunyi glek glek.as worem lek di angkat angkat kocak.opo boss solusine?...
BalasHapusPunyaku jark bebas ny bnyak brrt hrus gnti seglondong y mas
BalasHapusBooss...kalo stiernya dputar berat terus rodanya gak bergrak langkah pertama gmna ya?kalo muter juga ada suara ceklek2nya..mkasih bos
BalasHapusSama, puteran terlalu ringan tapi belok nggak dapet.
BalasHapusMakasih
BalasHapus