Senin, 19 Februari 2018

Tips Menggunakan Pedal Kopling Dengan Baik Dan Benar

Banyak diantara kita pngguna mobil suzuki carry merasakan agak susah saat oper gigi. Ini ditandai dengan bunyi yang kurang halus saat memindahkan gigi. Persoalan ini jangan dianggap remeh karena bisa merusak pada bagian set kopling. Jika kendaraan saat berada pada kecepatan tinggi, jalan berliku-liku dan berlubang sehingga harus sering memindahkan gigi,  sebaiknya cek setelan pedal koplingnya. 

Pengalaman pernah saya alami ketika pedal kopling dioper agak susah dan dipaksakan untuk melaju pada kecepatan tinggi, maka yang terjadi saat dioper susah sekali dan bunyi keras pada bagian perseneleng, ternyata kanpas koplingnya rontok.  Akibatnya mobil tidak bisa jalan. Akhirnya ditengah perjalanan terpaksa harus turun perseneleng untuk mengganti kanpas kopling dan lahernya yang baru. Kejadian ini memberikan pelajaran berarti bahwa berhati hatilah dan peka jika kopling sudah susah dioper jangan dipaksakan untuk berjalan jarak jauh. 

Tips agar pedal kopling saat diinjak empuk, nyaman, dan gerakan operan giginya terasa halus, ada beberapa tips sebagai berikut.

1. Saat mobil pada posisi mesin mati dan diam. Cobalah injak pedal kopling sampai mentok dan mainkan operan giginya. Jika terasa agak susah sebaiknya dikencengin setelan kopling pada bagian bawah. Gunakan mur 2 buah untuk mengancing agar tidak mudah kendur. Kencangkan sedikit demi sedikit saja sampai operan gigi terasa mudah. Jangan kekencengan karena bisa merusak kanpas kopling. 

2.
Setelah operan gigi terasa mudah cobalah hidupkan mesin, injak pedal kopling sampai mentok dan masukkan masukkan gigi 1. Lepaskan pedal kopling pelan-pelan sesuaikan injakan pedal gas agar mesin tidak mati. Yang perlu dicermati adalah apakah saat pedal kopling dilepas pelan-pelang terasa enak mobil dapat berjalan secara pelan atau ada loncatan. Ketika ada loncatan sedikit saat pedal kopling dileaps pelan-pelan berati setelan masih kurang kenceng.  Setelah yang pas adalah saat pedal kopling dilepas pelan-pelan dan digas tipis-tipis mobil dapat berjalan normal. Sedangkan yang kurang pas jika pedal kopling dilepas pelan-pelan ada loncotan sehingga harus digas kuat baru bisa berjalan. Ingatlah bahwa menekan pedal gas kuat-kuat pada saat kopling setengah bisa menyebabkan keausan pada kanpas kopling.  Contoh kasus yang sering dijumpai adalah saat muatan berat pada tanjakan, biasanya sering bermain-main dengan kopling setengah karena ingin menambah tenaga dengan cara digas kuat-kuat. Akibatnya sering tercium bau hangus kanpas kopling. Yang benar adalah masukkan gigi terendah sesuakkan medan tanjakan, lepas pedal koplinya pelan pelan dan turunkan kaki dari pedal kopling dengan di gas tipis-tips jalan pelan saja.

Cara kerja transmisi manual adalah saat pedal kopling ditekan mentok, maka laher akan menekan piringan matahari yang kemudian akan membebaskan kanpas kopling dari roda gila sehingga roda gila dapat berputar dengan bebas dan netral. Sebaliknya saat pedal kopling dilepas pelan-pelan maka posisi kanpas kopling menyatu kembali dengan roda gila sebagai penggerak mesin.



Dengan demikian disarankan jangan terlalu kasar saat melepas pedal kopling, memindahkan gigi, dan pelan-pelan saja saat bermain gas pada posisi pedal kopling masih setengah. Hindari kebiasaan kaki selalu menempel pada pedal kopling, Menahan kopling setengah saat ditanjakan dengan bermain main gas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar