Sistem pendingin mobil suzuki carry itu ada tiga komponen penting. Radiator, water pump dan thermostat. Ketiga komponen ini bisa dikatakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Dikatakan demikian karena tidak cukup hanya memperbaiki radiator saja tetapi harus dicek bahkan diganti jika ketiga komponen tersebut diatas rusak karena usia pemakaian. Sangat vital dan segera diutamakan untuk mengecek dan mengganti jika rusak. Bayangkan saja berapa biaya yang harus dikeluarkan jika komponen pendingin tidak berkerja maksimal. Yang terjadi mesin cepat panas dan akhirnya macet total. Masih beruntung jika cepat tanggap dan berhenti. Kalau tidak maka kompenen mesin akan cepat aus dan rusak.
Ciri cici atau gejala sistem pendingin sudah tidak berkerja dengan baik adalah umumnya ditandai dengan inikator temperatur mobil yang cepat naik tanpa adanya tanda tanda penurunan. Jadi mobil yang cepat panas di kabin dan bisa terasa di kaki yang ditandai suara mesin mengelitik kemudian terasa berat bisa dipastikan komponen pendingin tidak berkerja maksimal. Mobil yang menggunakan thermostat normal, biasanya temperatur cepat naik tetapi cepat turun lagi ketika melampaui batas panas ketidak wajaran.
Agar mobil tidak mengalami over head atau mesin kepanasan dan mati tidak mau jalan belajar membongkar sistem pendingin sendiri adalah langkah yang tepat untuk penghematan. Peralatan yang dibutuhkan adalah Siler warna merah, kain lap bersih, kunci pas dan ring, minyak pelumas mur baut atau semprotan khusus untuk membuka mur baut yang bandel.
1. Cara membuka radiator. Buka dan balikkan semua jok depan ke belakang. Buka bak perseneleng dan gantung menggunakan kawat atau tali. Buka tutup radiatornya. Buka baut plastik di bagian bawah radiator untuk menguras air radiator. Jika air biasa dibuang saja. Tapi jika air collant masih jernih siapkan bak penampung agar bisa digunakan kembali. Lepas semua karet hitam yang terhubung atas dan bawah yang terhubung ke radiator. Lepas semua mur baut. Letakkan Kesamping dulu tutup kipas radiator dan angkat radiatornya untuk dibawa ke tukang radiator. Dikuras, dikorok, atau ditambal jika ada yang bocor. Biaya jasa tukang radiator berkisar 70-150 ribu.
2. Cara membuka water pump. Kendurkan mur baut dinamo pengisian dan lepas tali timing beltnya. Lepas baut pully timing beltnya. Caranya masukkan obeng besar (-) atau besi pipih yang kuat pada gigi roda gendeng untuk menahan. Kendurkan baut pully dan lepas pullynya. Lepas baut kipas radiator. Pisahkan mur baut agar tidak tercecer. Setelah kipas terlepas angkat pullynya. Lepas baut penutup van belt. Setelah terbuka maka akan tampak tali van belt bergigi yang melingkar pada pully besar dan kecil.
Sampai pada tahap ini jangan terburu-buru di lepas. Pasang baut pully timing beltnya dan putar untuk mencari top pada roda gendeng yang berhurut T. Gunakan kain bersih untuk mengelap roda gendeng sampai mengkilap agar ditemukan tanda T. Seletah top tanda T roda gendeng berada pada posisi atas sejajar dengan tanda top pada lubang roda gendeng, selanjutnya adalah memutar pully van belt untuk memposisikan tanda panah pada tutup van belt dengan tanda titik pada pully kecil dan tanda V pada pully vanbelt yang besar. Jadi tanda panah pada tutup van belt harus sejajar dengan tanda top titik puly kecil dan tanada top V pada pully besar.
Intinya posisikan top pada roda gendeng, pulyy van belt kecil dan besar harus sejajar dengan tanda panah pada tutup van belt. Ini dimaksudkan agar saat pasang kembali lebih mudah dan sesuai dengan posisi semula. Karena jika tidak pas pasang tali van beltnya mobil susah hidup. Kalau terbalik topnya bisa nembak nembak.
Langkah selanjutnya kendurkan dan lepas tali van beltnya, pullynya, dan bukalah baut penutup water pumpnya. Hati-hati saat membuka baut water pump karena biasanya baut karatan dan susah dibuka. Gunakan pelumas atau semprotan khusus untuk memperlancar membukan bautnya. Ciri ciri water pump yang sudah rusak sudah karatan dan macet. Sebaiknya diganti yang baru. Hrg berkisar 165 ribu.
3. Cara membuka thermostat. Termostat terletak pada ujung karet hitam dari radiator yang menuju ke mesin. Posisinya berada di atas. Buka tutupnya. Hati hati baut penutup termostat juga biasanya agak susah dibuka karena karatan. Fungsi dari termostat adalah sebagai alat untuk menutup dan membuka air dari saluran air di mesin yang akan dialirkan ke radiator. Saat air masih dingin di dalam mesin termostat menutup. Kemudian saat air di mesin sudah panas diatas batas kewajaran berkisar 80-90 derajat maka termostat akan membuka agar air yang panas dapat mengalir ke radiator untuk didinginkan. Secara sederhana cara kerjanya adalah air di radiator dipompa oleh water pump menuju saluran air di mesin. Saat air di mesin sudah panas 80-90 derajat termostat membuka. Air mengalir ke radiator untuk didinginkan oleh kipas radiator. Begitu seterusnya sirkulasi pada sistem pendingin mobil.
Kesimpulannya bahwa sistem pendingin mobil akan berkerja dengan baik apabila ketiga komponen di atas dalam kondisi normal. Radiataor bersih tidak mampet, tidak bocor. Water pump tidak macet dapat memompa dan tidak bocor. Termostat dapat menutup dan membuka pada saat yang tepat yaitu membuka pada suhu panas air 80-90 derajat.
Mantul
BalasHapusMantul
BalasHapus