Saya sering memperhatikan mobil-mobil yang ada di jalan raya. Hampir setiap hari saya melihat mobil suzuki carry angkot. Saya sering heran dengan jenis mobil ini sehingga saya berkesimpulan pasti mesinnya bandel dan mudah dirawat. Setelah saya tanya ke beberapa sopir dan bengkel mobil ternyata memang benar. Mobil ini tergolong mudah perawatannya dan onderdilnya juga murah.
Akhirnya saya menbeli mobil bekas carry yang kondisinya memprihatinkan. Yang penting bagi saya kala itu suara mesin masih halus, pajak hidup, tidak ngebul dengan harga yang terjangkau. Tujuan saya membeli hanya ingin belajar tentang seluk beluk mobil carry dan rencananya untuk dagang dan belajar memperbaiki sendiri.
Dari hasil pengalaman saya ingin berbagi kesukaan dengan Anda yang mungkin pemula atau baru memiliki mobil suzuki carry bekas. Mobil itu dikatakan layak jalan dan dapat dipergunakan untuk jatak dekat dan jauh ada beberapa komponen yang harus di cek dan diperbaiki.
1. Yang pertama perhatikan suara mesin halus, gerakan setir jarak bebasnya aman, tidak ngebul, di gas bisa melengking, air radiator terlihat bening, warna busi coklat kering atau merah bata dan lubang kenalpot terlihat coklat kering.
2. Selain kondisi diatas, ternyata masih ada beberapa komponen yang harus dicek. Perhatikan pada bagian kaki-kaki mobil. Pertama cek semua per, dan sok belakang dan depan. Jika sok kejutnya sudah keluar oli, dipastikan sudah harus diganti baru. Atau jika dibuka soknya dan dites pake tangan tidak ada tahanan sama sekali berarti sok kejut sudah rusak.
3. Cek bagian ball joint sayap pada kaki kai depan termasuk teroidnya. Untuk mengeceknya tinggak mendongkrak bagian sasis depan agar ban terangkat semua. Jika digoyang pakai tangan ban terasa oblag sudah dipastikan ball join sayap segera di buka dan diperbaiki. Begitu juga teroidnya akan kelihatan oblag gerakannya saat membuka sayap. Cara sederhana memperbaikinya sangat mudah. Cari pipa tebal yang lubangnya pas ukuran baut ball joit atau teorid. Pipa tebal di berdirikan, buka karet ball joint nya dan masukkan pada pipa kemudian dipukul pukul hingga gerakan ball joint seret kembali gerakannya. Jika tidak ingin repot bisa menggantinya dengan yang baru. Disarankan jangan beli yang murahan karena cepet sekali oblag.
4. Cek bagian sistem pendingin. Korok radiator di tukang radiator harga berkisar 70-100 ribu untuk membersihkan bagian dalam radiator dan memperbaiki kisi kisi radiator ynag mengkin sudah banyak tertutup. Pastikan radiator tidak bocor dan bersih dari kotoran. Buka water pumpnya. Untuk membukanya harus berhati hati karena mur bautnya akan susah dibuka karena biasanya karatan. Berilah oli atau pembersih karat dahulu agar mur baut tidak patah. Jika water pump sudah karatan sebaiknya di ganti dengan yang baru harga berkisar 165 ribu. Proses melepas water pump jangan terburu buru karena ada tanda top yang perlu di perhatikan. Pastikan dulu top roda gendeng pada huruf T , top pada pully kecil dan puly besar seseuai dengan tanda paanah pada tutup van beltnya. Top pully kecil ada tanda titik dan top pully besar bertanda huruf V (Khusus untuk mobil suzuki carry st100). Kemudian buka termostat nya untuk memastikan layak atau tidaknya. Jika sdh karatan disarankan segera diganti dengan yang baru. Karena termostat akan berkerja membuka saat air mendidih di mesian dan menutup saat air di mesin masih dingin.
5. Mengecek bagian tali kopling, tali gas, tali rem tangan untuk diberi pelumas agar lancar gerakannya. Pastikan rem pakem dengan mengecek minyak remnya. Rem harus ngocok dahulu itu pertanda masuk angin. Cara memperbaiki harus dua orang. Yang satu injak pedal rem dan mengocok sambi menuang minyak rem jangan sampai kosong, dan yang satu orang membuang angin pada nepel di bagian roda.
6. Setel ulang kabel body. Kabel body mobil tua biasanya sudah ada yang konsleting ata sudah banyak isolasi sambungan. Oleh karena itu perlu disempetkan membongkar kembali kabel body dan mengecek bagian kabel terutama kabel untuk starter, dan kabel untuk pengapian ke koil, ke dinamo pengisian dari kontak on. Jadi yang diutamakan dicek adalah kabel yang dari kontak dahulu baru kemudian kabel lainnya. Periksa rumah sekringnya jika sdh ada yang meleleh sebaiknya diganti. Kabel sekring depan terutama pada bagian lampu-lampu dengan jika sdh banyak sambungan sebaiknya diganti dengan yang baru. Begitu juga kabel lampu yang ke belakang yang sudah banyak diisolasi sebaiknay diganti.
7. Cek bagian oli. Oli mesin pastikan diganti dg cara mengecek pada stiknya sampai batas tanda F, ganti oli gardan 2-2,5 liter, ganti oli transmisi 2liter dan cek oli worm setir.
Dari penjelasan diatas disimpulkan bahwa mobil tua sudah siap jalan tidak rewel apabila sudah di rapihkan dahulu secara keseluruhan. Diperlukan kesabaran tidak terburu buru memakai mobil untuk jalan jauh. Yang penting sudah dicek semua mudah mudahan tidak ada masalah ketika mobil digunakan untuk jarak jauh sekalipun.
Mantap..
BalasHapusDitunggu postingan berikutnya om ... Biar nambah ilmu ...