Ada ada saja persoalan yang terjadi pada mobil kesayangan kita. Oleh karena itu diperlukan berbagai tips sederhana agar bisa memperbaiki sendiri. Mobil selalu dalam kondisi prima adalah dambaan kita semua. Tanpa pengetahuan untuk memperbaiki dan merawat mobil akan cepet rusak. Kejelian dan filing mencermati kondisi mobil sangat diperlukan agar tidak terjadi mogok saat dijalan.
1. Mobil jarang dipakai.
Mobil jarang dipakai dan hanya memanaskan mesin saja, pengisian aki tidak sempurna sehingga ada penurunan vol aki. Jadi jangan heran jika tiba-tiba aki nggak kuat distarter. Atau kuat distarter kemudian dipakai malam hari semua lampu dinyalakan dan tiba tiba mogok dijalan dan tidak kuat distarter. Tips untuk mobil jarang dipakai sebaiknya saat mobil diam jangan menyalakan lampu atau accesoris lainnya dulu. Biarkan mobil berjalan dulu sampai betul-betul aki terisi cukup. Jika ingin dibawa pergi jauh disarankan aki dicas dahulu.
2. Pagi hari susah distarter.
Kondisi ini wajar dan sudah umum. Penyebabnya karena pengabutan bensin yang berada di ruang pembakaran mesin setelah menginap semalam sudah tidak sensitif lagi sehingga perlu suplay pengabutan bensin yang baru dengan cara sebagai berikut. Kontak pada posisi on dulu. Biarkan rotax berbunyi dan biarkan sampai berhenti. Sudah berhenti, kocok-kocok pedal gas 2-3 kali dan kemudian di starter. Jika sudah menyambar tapi belum hidup, kocok lagi pedal gas dan distarter lagi. Biasanya menyambar dan mesin hidup. Ini untuk mobil yang tergolong normal. Mobil tergolong normal yang dimaksud disini adalah mobil yang kondisi warna businya coklat kering atau merah bata.
3. Mobil dengan warna busi hitam.
Mobil biasanya agak susah distarter. Starter mobil jika tidak hidup itu cukup 3-4 kali saja. Cara mengatasi bukan dikocok kocok terus, tapi buka filter udara dan dikop pake tangan, dan distarter hingga bensin menempel ditangan. Biasanya ciri mobil dengan busi hitam maunya pengabutan bensin ke ruang pembakaran lebih boros. Karena busi hitam pengapian kecil harus dengan suplay pengabutan bensin yang lebih banyak.
4. Cara mengatasi busi hitam.
Mengatasi busi hitam agar pembakaran sempurna menjadi colkat kering atau merah bata, gampang-gampang susah. Dikatakan susah kalau kompresi atau tekanan udara pada seher sudah lemah yaitu ring sehernya sudah aus. Ada sedikit rembesan oli yang ikut pada proses pembakaran yang menyebabkan pembakaran kurang sempurna. Masalah lain koil sudah lemah sehingga pengapian busi kecil dan minta suplay bensin lebih sehingga maunya di setel agak boros baru mau langsam dan hidup. Sedangkan dikatakan gampang jika hanya pada masalah setelan udaranya saja ang kurang pas. Jadi agar pembakaran sempurna dan busi menjadi coklat kering atau merah bata itu ada beberapa syaratnya. Kompresi udara bagus pada ruang pembakaran, pengapian busi besar warna biru, dan setelan udara karburator yang pas. Untuk mencobanya bisa dimulai dari penggantian koil yang original,kabel busi yang original, rumah platina yang original, setelan platina yang pas 0,40mm, setelan kerengganan bisi yang pas 0,80mm, setelan delco yang pas, dan setelan udara yang pas.
5. Tips mengatur posisi rotax.
Rotax sama halnya dengan pompa air. Bedanya kalau rotax untuk memompa bensin dan pompa air untuk memompa air. Cara kerjanya sama. Semakin dekat dengan media bensin atau air maka rotax atau pompa air semakin mudah dan cepat menyedot air dan mesin tidak cepet panas. Jenis rotax dan pompa air juga bervariasi. Semakin mahal biasanya memiliki kemampuan menyedot pada jarak tertentu. Begitu juga rotax kalau yang original biasanya sedotannya lebih kencang. Jadi cara menyiasati agar sedotan rotax ke tangki cepat, lancar dan tidak cepat panas yaitu dengan cara mendekatkan posisi rotax dan selangnya berdekatan dengan tangki kurang lebih berjarak 50-100 cm dari tangki bensin. Banyak cara untuk memodifikasi agar rotax dekat dengan tangki bensin. Bisa melepas sambungan selang bawaan pada ujung tangki kemudian dicarikn sambungan selang tebal yang kemudian di sambungkan pada filter - rotax dengan jarak 50cm dari tangki. Bisa juga memotong selang bawaan denga jarak 50-70cm kemudian disambungkan selang tebal pendek ke filter dulu dan kemudian ke rotax. Dibuatkan dudukan rotax agar rotax berada pada posisi yang aman dan tinggi, Gunakan isolasi pada bagian sambungan penutup platina agar air tidak masuk kedalam ruang platina rotax.
6. Mobil terasa bunyi gluduk-gluduk saat berada pada jalan terjal atau saat ketemu lubang. Dan glayar-gluyur saat ketemu jalan miring atau saat jalan di jalan tol.
Dongkrak bagian sasi depan agar ban terangkat sedikit. Goyang-goyang ban kekanan, kekiri, dan keatas. Jika oblak bisa dipastikan ball join sayap minta dipress lagi atau diganti dengan yang baru.Pada saat melepas sayap pada kaki-kaki mobil dicek juga teroidnya. Jika terasa gampang bergerak kemungkinan juga sudag oblag. Ciri ball join ( besi bulat) pada sayap dan teroid dalam kondisi prima adalah jika digerak-gerakkan terasa berat atau seret.
7. Jarak bebas setir terlalu panjang dan setir terasa berat jika untuk membelok kanan dan kiri.
Penyebab utamanya adalah pada bagian worm setir yang dipengaruhi oleh bagian teroid, karet bos setir dan ball joint sayap. Cara memperbaikinya adalah dengan cara membuka worm setirnya dan mengganti bagian dalam worm setirnya. Harga berkisar 400-500 ribuan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar