1. Mesin mobil tiba-tiba mati tanpa ada gejala apapun
Mogok semacam ini biasanya ada pada bagian pengapian yang kabelnya putus, konsleting, busi mati ada komponen pengapian yang rusak atau tidak ada suplay bensin ke karburator. Mesin mati mendadak dan distarter tidak kuat biasanya dari aki yang tekor. Solusi didorong masukkan gigi 3 sambil distarter. Mengatasi mobil mati mendadak adalah dengan cara melihat pengapian pada busi dan melihat suplay bensin. Kalau banjir karburator busi akan basah dengan bensin.
Yang paling parah mobil mati mendadak adalah putusnya tali van belt dan tali timing belt karena harus diganti yang baru. Kalau putus tali van belt mesin mati distarter los tidak ada pengapian busi sama sekali. Sedangkan putus tali ming belt (tali kipas), maka sistem pendingin dan dinamo pengisian tidak berkerja bisa berakibat overheat. Untuk menghindari putusnya tali van belt dan timing belt sebaiknya sesekali dicek karena usia pemakaian sangat berpengaruh. Benyi berdecit dan setelah dikencengkan bunyi lagi sebaiknya diganti. Atau saat dilepas karet sudah ada retakan dan karet terlihat rontok saat diketuk ke lantai juga seharusnya diganti.
2. Mesin mati ditandai dengan beberapa gejala-gejala.
Mobil terasa berat saat berjalan agak lama bahkan tersendat-sendat. Gejala seperti ini bisa dari koil yang sudah lemah dan cepet panas sehingga kurang maksimal dalam mendistribusikan setrum ke busi. Biasanya saat dipegang koil terasa panas sekali. Mobil brebet-brebet bahkan nyendal-nyendal saat berjalan dan kemudian mesin mati. Gejala ini bisa dari tangki bensin kotor, filter kotor berlendut atau rotak sudah lemah. Gejala ini juga bisa karena cdi sudah rusak atau kerusakan pada bagian platina.
Gejala saat mesin panas susah distarter dan koil dipegang panas sekali berarti dari koilnya yng sudah rusak tidak tahan panas. Koil yang tahan panas dan awet adalah koil yang dilengkapi dengan restan sebagai filter setrum dari aki. Gejala. Gejala saat mesin panas distarter sepeti aki tekor bisa dari angker dinamo bagian sepul yang sudah rusak atau bagian bos dinamo yang sudah oblag.
Yang paling parah adalah overheat. Mesin overheat terjadi karena sistem pendingin tidak berkerja secara maksimal yang ditandai dengan mesin panas sekali, terdengar suara mengelitik dan mobil terasa berat. Solusi berhenti jangan dipaksakan menunggu mesin dingin dan cabut thermostat.
Dengan mengetahui pengelompokkan mobil mogok diatas diharapkan bisa mengatasi sendiri dan menyiapkan segala sesuatunya agar mobil selalu dalam keadaan prima. Disarankan siapkan beberapa komponen pengapian saat berjalan dekat dan jauh. Sediakan koil cadangan, platina, busi, amplas, kunci busi, dongkrak, ban serep dan kunci-kunci, obeng yang diperlukan.
Menarik sekali artikelnya
BalasHapusmohon bantuan brow, mobil saya suzuki futura 1,5, sistim pengapian baik, tetapi saat distarter mesin tidak mau hidup (starter panjang), selain itu tekanan dari karburator tidak ada. mohon pencerahannya. terima kasih sebelumnya.
BalasHapusBaru permulaan ne bos...cary 1.0 tiba mati,gimana cara biar kita tau klo platina mati
BalasHapusTerimakasih informasinya, semoga bermanfaat
BalasHapus