Memiliki mobil tua seperti mobil suzuki carry terkadang merasa kaget saat disterter mobil tidak mau hidup. Padahal sebelumnya mobil dalam kondisi normal-normal saja. Usia pemakaian mobil bisa menjadi alasan karena semua komponen khususnya dinamo starter bukan baru lagi. Jadi wajar saja jika sewaktu-waktu mengalami kerusakan karena keausan.
Ada beberapa tanda atau ciri-ciri tertentu saat mobil susah distarter. Untuk melihat masalah pada saat starter syaratnya aki sudah dicas berkisar 13-14 volt.
1. Saat distarter hanya terdengar cetek-cetek saja. Ada beberapa kemungkinan masalahnya. Tetapi untuk melihatnya sangat disarankan untuk mengecas aki nya dahulu, karena antara aki dan dinamo starter saling berkaitan sehingga sulit untuk membedakan apakah akinya yang tekor atau dinamo starternya yang bermasalah. Jika aki sudah dicas, dan kabel utama ke switch starter dan dinamo starter sudah dicek maka bisa dipastikan masalah ada pada dinamo staeternya. Bunyi cetek-cetek artinya switch starternya tidak berkerja dengan sempurna. Switch starter berfungsi untuk mendorong bendik starter agar bergerak maju mundur yang menghubungkan ke gigi roda gendeng atau gigi roda gila. Jadi kesimpulan sementara adalah switch starter dikatakan sudah rusak atau lemah apabila aki sudah dicas dan kabel ke switch sudah dicek, tetapi masih saja bunyi cetek-cetek. Jika menggunakan relay sebaiknya relay dilepas dulu agar ketahuan apakah relaynya yang bermasalah atau switch dinamonya.
2. Saat distarter hanya terdengar ngek..ngek...ngeekk... seperti aki tidak kuat ngangkat. Biasanya bushing starter sudah aus sehingga angker starter tidak dapat berputar sempurna pada sumbunya. Dengan demikian dinamo tidak mau berputar dan setrum aki sudah jelas tidak mau mengangkat. Solusi ganti angker dan boss sumbu dinamo starternya. Angker dinamo berkisar 150-200ribu dan boss dinamo starter 3000 rupiah. Gejala kerusakan pada angker dinamo dan boss dinamo juga ditandai dengan saat mobil dingin gampang distarter, tapi saat panas susah distarter. Gejala ini mirip seperti koil lemah. Untuk membedakannya cukup pegang koil saat mesin panas susah distarter. Jika panas sekali bisa jadi koilnya.
3. Saat distarter hanya terdengan suara dinamo mendesing saja. Ini kerusakan ada pada bendik starternya yang sudah dol atau los sehingga tidak mau mengunci saat gigi bendik bertemu dengan gigi penghubung ke gigi roda gila. Gejala bendik starter sudah rusak juga ditandai dengan bunyi cekreek panjang. Ini sebagai akibat dari pertemuan gigi bendik dan gigi penghubung roda gila yang tidak pas atau presisi karena gigi bendik sudah aus yang kadang nyangkut dan kadang tidak. Solusi bisa diganti dengan gigi bendik yang berjumlah 9 harga berkisar 65 ribu.
4. Kadang gampang distarter, tetapi kadang susah distarter. Ini penyebabnya carbon brush dinamo starter sudah pendek dan habis.
5. Saat distarter tidak ada reaksi sama sekali. Bisa sekring putus, klem kabel ke dinamo terputus, soket bermasalah, relay bermasalah, atau gulungan sepul dinamo hangus.
Jadi masalah yang berkaitan dengan dinamo starter itu terjadi saat distarter, misalnya tidak ada reaksi apapun atau menimbulkan rekasi bunyi tertentu tetapi mesin mobil tidak mau hidup. Agar lebih gampang meklaim mana yang rusak sebaiknya aki dicas berkisar 13-14 volt. Tanpa melihat kondisi aki dan mengecek kabel utama yang ke switch starter dan dinamo starter, maka akan sulit untuk mendeteksi kerusakan pada dinamo starter.
Jika kerusakan hanya pada switch starter, mobil bisa dihidupkan dengan cara by pas langsung menghubungkan dengan obeng pada kutub setrum switch starter dan kutub setrum dinamo starter yang bertanda panah seperti gambar dibawah ini.
Swit baru tapi susah hidup mobil cary
BalasHapusArtikel ok
BalasHapus