Masalah umum yang terjadi pada bagian setir mobil adalah sebagai berikut:
1. Setir terasa berat.
Setir tarasa berat jika dibelokkan kekanan dan kekiri penyebabnya bisa dari karet penahan setir atas dan bawah kurang pelumas. Atau saat mengganti karet penahan setir yang lama dimasukkan sehingga tahanan didalam besi selongsong setir terdapat 4 karet yang seharusnya cukup 2 saja atas dan bawah. Cara mengatasi masalah ini cukup memberikan gemuk sebagai pelumas agar gerakan setir menjadi enteng, dengan melepas baut setir atas, 2 baut penahan setir ditengah agar bagian setir bisa diangkat keluar. Periksa kembali besi selongsong setir bagian dalamnya jika karatan diampals halus dan dikasih gemuk.
Masalah lain bisa juga dari setelan bagian worm setirnya yang terlalu kencang atau laher worm setirnya yang didalam sudah tidak berfungsi. Yang lain bisa dari ball join long terot setir kurang gemuk, karet as setir bagian tengah bermasalah, gerakan long terot setir lain susah bergerak akibat kurang gemuk, atau pemasangan bautnya yang kurang pas. Semua masalah ini mesti dicek satu satu dengan cara didongkrak agar ban depan dapat terangkat semua.
Dicek juga karet suport pada sok bagian depan yang letaknya di bagian atas.
2. Setir bergetar
Setir bergetar bisa dicek saat mobil diam. Goyang keatas dan kebawah dan goyang kekanan dan kekiri. Digoyang saja setirnya bukan diputar. kalau terasa oblag ganti karet dudukan setir atas bawah. Dicek juga karet penahan setir pada bagian join kopel setirnya biasanya sudah sobek atau longgar pada bagian bautnya.
3. Jarak bebas setir terlalu panjang atau lebar.
Ciri-ciri jarak setir mobil terlalu lebar jika mobil saat diam dan setir diputar kekanan dan kekiri terlalu jauh. Artinya gerakan setir terasa jauh saat akan membelokkan. Setir kurang nyaman saat dibawa berjalan karena harus memposisikan setir ditengah agar tidak lari kekanan atau kekiri.
Penyebabnya satu rangkaian bagian setir yang mesti dicek satu persatu. Dikatakan demikian karena meskipun sudah diganti worm setirnya atau dalamannya saja belum tentu jarak bebas setir sedikit atau normal. Karena bagian setir terdapat satu rangkaian komponen yang mempengaruhi gerakan setir. Dicek dimulai dari bagian join kopel setir, karet penahan, setelan worm setir, kontrol bebek dan bagian atasnya, ball join long terot setir, bos karet tengah setir. Jadi semuanya mesti dicek satu persatu. link terkait https://www.facebook.com/mobilcary.blogspotcom
1. Setir terasa berat.
Setir tarasa berat jika dibelokkan kekanan dan kekiri penyebabnya bisa dari karet penahan setir atas dan bawah kurang pelumas. Atau saat mengganti karet penahan setir yang lama dimasukkan sehingga tahanan didalam besi selongsong setir terdapat 4 karet yang seharusnya cukup 2 saja atas dan bawah. Cara mengatasi masalah ini cukup memberikan gemuk sebagai pelumas agar gerakan setir menjadi enteng, dengan melepas baut setir atas, 2 baut penahan setir ditengah agar bagian setir bisa diangkat keluar. Periksa kembali besi selongsong setir bagian dalamnya jika karatan diampals halus dan dikasih gemuk.
Masalah lain bisa juga dari setelan bagian worm setirnya yang terlalu kencang atau laher worm setirnya yang didalam sudah tidak berfungsi. Yang lain bisa dari ball join long terot setir kurang gemuk, karet as setir bagian tengah bermasalah, gerakan long terot setir lain susah bergerak akibat kurang gemuk, atau pemasangan bautnya yang kurang pas. Semua masalah ini mesti dicek satu satu dengan cara didongkrak agar ban depan dapat terangkat semua.
Dicek juga karet suport pada sok bagian depan yang letaknya di bagian atas.
2. Setir bergetar
Setir bergetar bisa dicek saat mobil diam. Goyang keatas dan kebawah dan goyang kekanan dan kekiri. Digoyang saja setirnya bukan diputar. kalau terasa oblag ganti karet dudukan setir atas bawah. Dicek juga karet penahan setir pada bagian join kopel setirnya biasanya sudah sobek atau longgar pada bagian bautnya.
3. Jarak bebas setir terlalu panjang atau lebar.
Ciri-ciri jarak setir mobil terlalu lebar jika mobil saat diam dan setir diputar kekanan dan kekiri terlalu jauh. Artinya gerakan setir terasa jauh saat akan membelokkan. Setir kurang nyaman saat dibawa berjalan karena harus memposisikan setir ditengah agar tidak lari kekanan atau kekiri.
Penyebabnya satu rangkaian bagian setir yang mesti dicek satu persatu. Dikatakan demikian karena meskipun sudah diganti worm setirnya atau dalamannya saja belum tentu jarak bebas setir sedikit atau normal. Karena bagian setir terdapat satu rangkaian komponen yang mempengaruhi gerakan setir. Dicek dimulai dari bagian join kopel setir, karet penahan, setelan worm setir, kontrol bebek dan bagian atasnya, ball join long terot setir, bos karet tengah setir. Jadi semuanya mesti dicek satu persatu. link terkait https://www.facebook.com/mobilcary.blogspotcom
Tidak ada komentar:
Posting Komentar