Gear box gardan atau umumnya banyak orang yang menyebutnya dengan gardan mobil diibaratkan seperti sebuah rante sepeda atau sepeda motor. Jika terlalu kendur akan bunyi dan terlalu kencang cepat atau lambat akan merusak gearnya.Tarikan juga bisa terasa berat.
Demikian juga Gear box mobil gardan mobil. Usia pemakaian, kurangnya oli, kotornya bagian dalam gardan karena debu yang masuk, bisa menyebabkan gear pada gardan aus dan menimbulkan bunyi. Yang parah bisa selip tarikan berat dan bunyi dengung saat pada kecepatan tinggi. Tidak banyak orang tahu bahwa usia pemakaian bisa menyebabkan gardan aus, setelan kendur dan tarikan jadi berat. Yang sering dikatakan adalah gardan bunyi dengung giginya sudah aus dan minta diganti. Padahal belum tentu karena didalam gear box gardan ada ring, ada setelan yang memungkinkan untuk dikencengkan diganti ringnya agar putaran gear box gardan normal kembali.
Cara membuka gear box gardan tidak sesulit yang dibayangkan.
1. Siapkan kunci ring dan kunci pas 12 satu untuk menahan dan satu untuk membuka baut gardan yang menyatu dengan join kopel.
2. Buka dahulu baut join kopelnya, dan turunkan as join kopelnya
3. Buka baut gardan satu persatu karena jumlahnya banyak
4. Setelah baut gardn terlepas dongkrak bagian ujung gardan agar terangkat dikit. Menggunakan dongkrak hanya untuk melepaskan dari klem siler saja, karena tangan tidak akan kuat menggoyang-goyang gear box gardan yang lumayan berat.
5. Setelah gear box gardan terangkat dan bisa digoyang dengan tangan baru diangkat dan dibawa keluar dari kolong mobil
6. Pada gambardibawah terlihat dengan jelas gear box gardan. Kendurkan baut yang atas dan setel ulang kekencangannya. Gunakan besi tumpul untuk memutar setelan. Kekanan mengencangkan dan kekiri mengendurkan.
Setelan gardan seperti setelan rante sepeda motor. Jika diputar terasa enteng tidak kenceng banget sudah cukup. Gear box gardan juga demikian jika diputar pada bagian yang tersambung dengan join kopel terasa enteng dan setelan kekencangannya pas sudah cukup.
Gisi gear box gardan yang masih bagus bisa dilihat keausannya. Bekas-bekas keausan akan terlihat. Sepereti gear sepda motor jika sudah pada runcing akan sulit disetel. Mau tidak mau harus ganti cari copotan.
Penyebab keausan gear box gardan tidak lain dari kurang kontrolnya oli gardan. banyaknya pasir dan kotoran yang menggumpal pada selongsong as roda bagian atas karena tdk tersentuh oli, yang bisa mengakibatkan rembes pada seal gardan. Kurangnya kontrol lubang udara gardan yang menyebabkan gardan cepat panas dan oli mudah bocor.
Kebersihan dalaman gardan, setelan gear box gardan yang pas, oli yang cukup melumasi sampai pada separuh atau lebih as roda, lubang udara yang tidak mampet menjadi bagian terpenting agar gardan awet, tidak cepat bunyi, tarikan enteng dan tahan lama.
Demikian juga Gear box mobil gardan mobil. Usia pemakaian, kurangnya oli, kotornya bagian dalam gardan karena debu yang masuk, bisa menyebabkan gear pada gardan aus dan menimbulkan bunyi. Yang parah bisa selip tarikan berat dan bunyi dengung saat pada kecepatan tinggi. Tidak banyak orang tahu bahwa usia pemakaian bisa menyebabkan gardan aus, setelan kendur dan tarikan jadi berat. Yang sering dikatakan adalah gardan bunyi dengung giginya sudah aus dan minta diganti. Padahal belum tentu karena didalam gear box gardan ada ring, ada setelan yang memungkinkan untuk dikencengkan diganti ringnya agar putaran gear box gardan normal kembali.
Cara membuka gear box gardan tidak sesulit yang dibayangkan.
1. Siapkan kunci ring dan kunci pas 12 satu untuk menahan dan satu untuk membuka baut gardan yang menyatu dengan join kopel.
2. Buka dahulu baut join kopelnya, dan turunkan as join kopelnya
3. Buka baut gardan satu persatu karena jumlahnya banyak
4. Setelah baut gardn terlepas dongkrak bagian ujung gardan agar terangkat dikit. Menggunakan dongkrak hanya untuk melepaskan dari klem siler saja, karena tangan tidak akan kuat menggoyang-goyang gear box gardan yang lumayan berat.
5. Setelah gear box gardan terangkat dan bisa digoyang dengan tangan baru diangkat dan dibawa keluar dari kolong mobil
6. Pada gambardibawah terlihat dengan jelas gear box gardan. Kendurkan baut yang atas dan setel ulang kekencangannya. Gunakan besi tumpul untuk memutar setelan. Kekanan mengencangkan dan kekiri mengendurkan.
Setelan gardan seperti setelan rante sepeda motor. Jika diputar terasa enteng tidak kenceng banget sudah cukup. Gear box gardan juga demikian jika diputar pada bagian yang tersambung dengan join kopel terasa enteng dan setelan kekencangannya pas sudah cukup.
Gisi gear box gardan yang masih bagus bisa dilihat keausannya. Bekas-bekas keausan akan terlihat. Sepereti gear sepda motor jika sudah pada runcing akan sulit disetel. Mau tidak mau harus ganti cari copotan.
Penyebab keausan gear box gardan tidak lain dari kurang kontrolnya oli gardan. banyaknya pasir dan kotoran yang menggumpal pada selongsong as roda bagian atas karena tdk tersentuh oli, yang bisa mengakibatkan rembes pada seal gardan. Kurangnya kontrol lubang udara gardan yang menyebabkan gardan cepat panas dan oli mudah bocor.
Kebersihan dalaman gardan, setelan gear box gardan yang pas, oli yang cukup melumasi sampai pada separuh atau lebih as roda, lubang udara yang tidak mampet menjadi bagian terpenting agar gardan awet, tidak cepat bunyi, tarikan enteng dan tahan lama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar