Membokar itu gampang tapi memasangnya terkadang tidak mudah. Begitulah pengalaman pertama atau seorang pemula membongkar timing belt. Agar tidak keliru dalam memasangnya diperlukan ketelitian dan pengetahuan dari orang yang sudah pernah membongkar pasang. Karena alasan inilah saya ingin berbagi pengalaman bagaimana cara pasang dan bongkar timing belt khusus mobil suzuki carry.
Ada beberapa alasan mengapa timing belt perlu diganti. Mobil tua yang usianya lebih dari 5 tahun tentu akan terjadi keausan karena usia pemakaian. Boleh dikata bagian timing belt adalah wajib untuk di cek dilihat kondisinya karena dikhawatirkan saat berjalan jauh tiba tiba putus, ada baut bagian timing belt yang lepas bahkan jika kendur timing belt tenaga mesin tiba tiba loyo jika digas tenaga hilang. Ini sangat membahayakan dan agak rumit untuk diperbaiki jika kondisinya berada jauh dari pusat belanja peralatan mobil atau berada pada daerah terpencil.
Mengecek timing belt seringkali terabaikan karena posisinya berada di dalam dan tidak tampak dari luar. Ada baiknya untuk dicek dan diganti baru sehingga merasa nyaman diperjalanan. Ciri ciri timing belt perlu diganti.
Untuk membongkarnya langkah pertama adalah : Memutar pully agar posisi berada TOP 1 pada roda gila tujuannya adalah agar posisi TOP 1 pada tali timing belt yang berupa tanda tanda titik (.) pada gigi timing belt atas dan bawah mudah dipahami. Posisinya sejajar lurus antara titik top 1 pada gigi depan dan belakang timing belt. Ingat bagi pemula yang pertama kali membongkar jangan asal main bongkar tahan dulu siapkan kamera hanphone untuk difoto agar pemasangan kembali tidak salah.
Ada beberapa alasan mengapa timing belt perlu diganti. Mobil tua yang usianya lebih dari 5 tahun tentu akan terjadi keausan karena usia pemakaian. Boleh dikata bagian timing belt adalah wajib untuk di cek dilihat kondisinya karena dikhawatirkan saat berjalan jauh tiba tiba putus, ada baut bagian timing belt yang lepas bahkan jika kendur timing belt tenaga mesin tiba tiba loyo jika digas tenaga hilang. Ini sangat membahayakan dan agak rumit untuk diperbaiki jika kondisinya berada jauh dari pusat belanja peralatan mobil atau berada pada daerah terpencil.
Mengecek timing belt seringkali terabaikan karena posisinya berada di dalam dan tidak tampak dari luar. Ada baiknya untuk dicek dan diganti baru sehingga merasa nyaman diperjalanan. Ciri ciri timing belt perlu diganti.
- Sudah tipis kendur
- Karet gigi giginya sudah retak dan aus
- Ada bekas retak
Untuk membongkarnya langkah pertama adalah : Memutar pully agar posisi berada TOP 1 pada roda gila tujuannya adalah agar posisi TOP 1 pada tali timing belt yang berupa tanda tanda titik (.) pada gigi timing belt atas dan bawah mudah dipahami. Posisinya sejajar lurus antara titik top 1 pada gigi depan dan belakang timing belt. Ingat bagi pemula yang pertama kali membongkar jangan asal main bongkar tahan dulu siapkan kamera hanphone untuk difoto agar pemasangan kembali tidak salah.
- Membuka semua jok bagian depan dan diletakkan diluar.
- Buka dudukan bak perseneleng dan dilepas.
- Buka radiator
- Lepas tali kipas dan kipas radiator
- Buka baut pully atas dan bawah dengan cara memasukkan obeng (-) di sela sela gigi roda gila agar posisi mengancing saat baut pully dilepas
- Buka tutup timing belt
- Buka roda atau setelan penekan tali timing belt
Tidak ada komentar:
Posting Komentar