Menyetel kelep itu gampang-gampang susah. Soalnya komponen dari kelep merupakan bagian satu kesatuan yang tidak dipisahkan dari komponen lainnya. Artinya ada dudukan kelep, kelep itu sendiri apakan masih senter atau sudah melengkung, seal kelepnya dsb.
Bagian kelep pada silinder head mobil jika rajin mengganti oli, filter olinya secara teratur dan pompa oli mesin normal jarang ada kerusakan. Kecuali dari awal setelan kelep sudah dikutak kutik tanpa menggunakan ukuran standar celah kelep, kerapetan, salah setel kelep sesuai urutan pabrikan, pompoa oli macet rusak, kekeringan pada bagian silinder head akibat kurang oli.
Menyetel kelep ulang diperlukan jika :
Cara menyetel kelep itu adalah sebagai berikut: "Disarankan menyetel kelep saat mesin dingin belum dihidupkan"
Jika semula mesin terasa halus dan setelah disetel ulang suara menjadi kasar itu disebabkan karena setelannya kurang pas. Dan tidak mudah memposisikan seperti suara semula. Butuh waktu berulang kali menyetel kelep untuk mencari suara mesin halus. Terkadang suara halus itu akan didapat setelah dipakai jalan dulu supaya mapan baru disetel ulang kembali.
Jadi disarankan jika ingin menyetel kelep ulang harus tahu resikonya dan dipertimbangkan terlebih dahulu. Tidak mudah dan butuh waktu menyetel kelep untuk mendapatkan hasil maksimal karena komponen bukan baru lagi. Kecuali setelan pas tidak ada masalah lain bisa langsung jadi.
Bagian kelep pada silinder head mobil jika rajin mengganti oli, filter olinya secara teratur dan pompa oli mesin normal jarang ada kerusakan. Kecuali dari awal setelan kelep sudah dikutak kutik tanpa menggunakan ukuran standar celah kelep, kerapetan, salah setel kelep sesuai urutan pabrikan, pompoa oli macet rusak, kekeringan pada bagian silinder head akibat kurang oli.
Menyetel kelep ulang diperlukan jika :
- Suara mesin terasa mengelitik terlalu keras tidak enak didengar
- Bensin terlalu boros ditandai dengan bau bensin kenalpot yang menyengat ( untuk kasus ini penyebabnya bisa dari setelan udara karburator, karburator yang sudah rusak, pengapian kecil, ruang bakar sudah ada rembesan oli, air, kerak yang menumpuk) Ukuran celah kelep yang terlalu rapat tidak sesuai ukuran standar pabrik juga bisa menyebabkan bensin boros. Kenali setelan kelep yang benar dan tidak dari bau asap pembuangan knalpot. Bau asap kenalpot yang normal tidak perih dimata, tidak bau bensin artinya pembakaran sempurna.
- Tarikan terasa berat bisa dari setelan kelep kerapetan
- Ingin mengecek saja apakah setelan kelep sudah sesuai ukuran standar pabrik
Cara menyetel kelep itu adalah sebagai berikut: "Disarankan menyetel kelep saat mesin dingin belum dihidupkan"
- Buka jok samping sopir
- Cabut kabel busi jangan lupa ditandai urutan kabelnya. seperti tampak pada gambar dibawah
- Buka tutup silinder head ( tidak perlu menguras oli)
- Buka semua busi ( Ini tidak wajib) membuka busi diperlukan jika ingin melihat posisi seher top1 dan top 4 lebih mudah.
- Buka tutup delko untuk melihat arah rotor saat top 1 dan top 4. Top 1 pada rotor platina menghadap ke tutup busi no 1 sedangkan top 4 kebalikannya
- Siapkan kunci ring yang bagus no 12 dan obeng (-) yang bagus
- Putar pully untuk mencari top 1 pada tanda T atau 0 pada roda gila
- Top 1 posisi rotor menghadap tutup delko no 1
- Posisi seher no 1 berada pada puncak pas
- Setelah top 1 ketemu perhatikan gambar dibawah
- Pada top 1 pelatuk no 1,2,5,7 akan ada celah kelep jika digerak gerakkan keatas dan ke bawah (Jika pada top 1 no 1,2,5,7 ada yang tidak bisa digerakkan berati setelah perlu diatur kembali). Untuk pelatuk no 1 dan 2 adalah kelep hisap (IN) dengan ukuran celah kelep 25 mm sesuai dengan ukuran fuller yang ada. Pelatuk no 5 dan 7 kelep buang (EX) dengan ukuran celah 30 mm sesuai dengan ukuran fuller yang ada. Pada saat menyetel kelep perhatikan fullernya jika dimasukkan pada celah kelep terasa seret dikit saja tapi masuk berarti sudah pas.
- Setelah TOP 1 selesai sekarang putar pully menuju TOP 4 dengan cara memperhatikan arah rotor saja yang berlawanan arah dengan posisi rotor platina top 1. Seher no 4 akan berada di puncak pas. Untuk pelatuk no 3 dan 4 adalah kelep hisap (IN) dengan ukuran celah kelep 25 mm sesuai dengan ukuran fuller yang ada. Pelatuk no 6 dan 8 kelep buang (EX) dengan ukuran celah 30 mm sesuai dengan ukuran fuller yang ada. Pada saat menyetel kelep perhatikan fullernya jika dimasukkan pada celah kelep terasa seret dikit saja tapi masuk berarti sudah pas.
Jika semula mesin terasa halus dan setelah disetel ulang suara menjadi kasar itu disebabkan karena setelannya kurang pas. Dan tidak mudah memposisikan seperti suara semula. Butuh waktu berulang kali menyetel kelep untuk mencari suara mesin halus. Terkadang suara halus itu akan didapat setelah dipakai jalan dulu supaya mapan baru disetel ulang kembali.
Jadi disarankan jika ingin menyetel kelep ulang harus tahu resikonya dan dipertimbangkan terlebih dahulu. Tidak mudah dan butuh waktu menyetel kelep untuk mendapatkan hasil maksimal karena komponen bukan baru lagi. Kecuali setelan pas tidak ada masalah lain bisa langsung jadi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar