Rabu, 14 Agustus 2019

Cara Mengganti Kanpas Rem Mobil Suzuki Carry


Mobil jika pedal rem diinjak terasa dalam baru pakem bisa dipastikan kanpas remnya sudah tipis. Yang parah kanpas rem sampai habis sehingga saat pedal rem diinjak akan bunyi berdecit karena ada benturan besi teromol dan besi kanpas rem. Kalau pedal rem ditekan dua-tiga kali baru pakem biasanya ada angin yang masuk pada selang minyak rem. Kalau roda mobil terendam air lama dan mobil dipakai kemudian dinjak remnya bisa jadi kanpas rem ambrol atau lepas dari klemnya. Jadi usahakan jangan sampai roda mobil terendam air terlalu lama. Yang rontok bisa kanpas remnya dan kanpas koplingnya bisa menempel dan tidak mau jalan. Kalau pedal rem diinjak ada bunyi angin keluar bisa dari karet boster remnya sudah bocor dan rem tidak pakem.

Kondisi normal pedal rem yang baik adalah saat mesin mati diinjak keras dan saat mesin dihidupkan pedal rem terasa enteng. Jika pedal rem pada saat mesin hidup terasa berat, biasanya terbalik pasang selangnya yang dari lubang angin manifold menuju boster rem.

Rem mobil adalah bagian vital dari kendaraan jadi jangan anggap remeh jika mengalami masalah dengan rem. periksa kelengkapan rem dari mulai bagian pedalnya yang biasanya karatan dan aus bagian pengancing pernya, periksa selang rem yang sudah karatan sebaiknya diganti, periksa kebocoran dari seal master rem.

Cara mengganti kanpas rem baik depan maupun belakang caranya adalah:

  1. Kendurkan dahulu semua baut ban dengan kunci sok yang bagus agar tidak selek.
  2. Dongkrak agar posisi ban terangkat dikit saja. 
  3. Kendurkan lagi baut ban nya sampai terlepas
  4. Untuk ban belakang perhatikan lubang setelan pada teromol
  5. Cari senter yang terang untuk menyorot lubang setelan pada teromol
  6. Putar teromol hingga ketemu lubang kecil untuk melihat setelannya yang berbentuk seperti gir 
  7. Gunakan obeng (-) untuk mendorong ke bawah mengendurkan bagian atas dan bawah . Jika terasa keras atau macet setelannya gunakan pelumas minyak oli agar bisa didorong kebawah setelannya yang berbentuk seperti gir sampai benar benar mentok.
  8. Jadi supaya teromol gampang dilepas terlebih dahulu kendurkan setelan nya yang berbentuk gir atas dan bawah. Fungsi setelan kanpas rem ini adalah untuk memajukan posisi kanpas rem agar mendekati teromol sehingga rem bisa pakem. Sebaliknya jika ingin dibuka teromolnya kendurkan dahulu setelannya.
  9. Setelah teromol terlepas jangan buru buru dilepas kanpas rem nya . Bagi pemula perlu mencermati dan difoto atau divideokan tata letaknya agar saat pasang kembali tidak bingung. Sekilas memang tampak sederhana tapi pada saat memasangnya kembali akan bingung jika belum pengalaman. Apalagi komponen setelah dibuka pada tercecer atau semrawut akan membingungkan lagi.
  10. Sebelum kanpas rem dilepas buka dahulu kancingannya dengan cara ditekan dan diputar.
  11. Pada saat kanpas rem terlepas disarankan sekaligus memeriksa bagian karet seal master remnya. Dilepas dan dicek as master remnya dengan cara mendorong pake jempol tangan atau kayu. Jika karatan diampals halus sampai bersih dan kasih minyak rambut tancho kental agar tahan karat baik pada bagian asnya dan karet dalam sealnya.
  12. Cara pemasangan kembali kanpas rem, disarankan  pernya dahulu dipasang atas bawah kemudian dipaskan dahulu pada dudukannya pada posisi miring kemudian tekan jangan sampai per terlepas.
  13. Setelah kampas baru terpasang atur posisi kanpas agar pas ditengah pada dudukannya
  14. Setel kembali setelan kanpas berbentuk gir atas dan bawah sama putarannya sampai batas teromol mudah dipasang saja. Maksudnya agar nanti saat penyetelan rem kanpas atas bawah sama posisinya tidak seret ditromol dan tidak terlalu longgar saat teromol diputar . Jadi perlu dihitung putaran gerakan ke atas pada saat mendorong gir setelan.Kalau tidak sama yang terjadi kanpas rem kemakan sebelah.
  15. Langkah terakhir adalah memasang teromol kembali. Ambil dua mur roda 2 saja untuk mengencangkan teromol sementara. Putar teromol dan disetel lagi setelan remnya yang berbentuk gir dengan mendorong ke atas mengencengkan. Jumlah gerakan obeng (-) atas bawah gir saat mengencangkan harus sama. dicoba teromol diputar jangan seret dan jangan terlalu longgar. 
  16. Setelah selesai buka kembali 2 baut roda. Pasang roda dan kencangkan baut 4 roda. Turunkan dongkrak dan kencengkan 4 baut roda pake kekencangan tangan saja jangan diinjak yang penting sudah kencang menurut perasaan. 
  17. untuk roda depan yang sulit biasanya mengganti kanpas remnya. Gunakan kayu saja untuk menekan kanpas rem depan agar terlepas.Untuk ban depan yang cakram lebih gampang yang penting kendurkan baut pengunci cakram dan 2 baut dudukan cakram.

1 komentar:

  1. patut dicoba ni tips tips yang begitu mahal hehe, tetap semangat om bagikan tips nya

    BalasHapus