Selasa, 06 Februari 2018

Cara Mudah Mengganti Set Kopling Mobil Sendiri

Sudah digas tapi mobil seperti tidak bertenaga padahal tidak pincang dan tidak mrebet. Hanya suaranya saja yang besar tapi jalannya pelan. Apalagi pas ditanjakan. Suara mobil sudah besar tapi jalannya masih lelet. Mobil dengan ciri-ciri seperti ini bisa dipastikan set kopling perlu dicek terutama pada bagian koplingnya. Sama halnya seperti motor honda green atau honda prima jika jalannya lelet suaranya besar bagian prodo koplingnya sudah aus minta diganti dengan yang baru.

Cara menggantinya bisa dikatakan mudah karena hanya melepas bautnya dan melepas kabel nepel persenelengnya. Hanya saja bagi pemula merasa takut karena yang dibayangkan adalah sebuah mesin berat yang banyak isinya, banyak olinya dan berantakan jika dilepas bautnya. Padahal jika dilepas hanya seperti tampak pada gambar no1.

1. Bagian belakang yang ada roda gendengnya yang diturunkan










2. Bagian depan yang tidak ikut diturunkan










Jadi kalau nepel dan baut perseneleng sudah terlepas, yang perlu disiapkan adalah dongkrak untuk menyangga, tali tambang besar untuk mengangkat dari atas kabin dan kayu balok untuk mengganjal bila perlu. Agar lebih mudah carilah satu orang untuk memegang tali dari atas dan menahan body perseneleng. Yang satu dari bawah menggoyang goyang sambil mendorong kebelakang agar terlepas.

Jadi intinya mendorong kebelakang body perseneleng agar as transmisi lepas dari dudukannya. Setelah diturunkan body persenelengnya maka langkah selanjutnya adalah membuka mur baut mataharinya dan membuka plat koplingnya. Tinggal diganti dengan yang baru baik plat koplingnya maupun mataharinya. (Lihat gambar2)

Langkah terakhir melepas bearing (Bentuknya seperti laher) yang menempel pada gambar1 dan diganti dengan yang baru. Penggantian set kopling dilakukan jika bearing sudah aus, pelat mataharinya sudah aus dan tipis akan terilihat dengan jelas. Untuk plat kopling sudah pasti diganti akan terlihat dari bagian kanpasnya yang sudah tipis. Disarankan penggantian satu set yang original ( Hrg berkisar 700-800 ribu) akan lebih baik karena untuk jangka panjang.

Setelah diganti semua langkah selanjutnya adalah pemasangannya kembali. Yang perlu diperhatikan adalah memposisikan as transmisi pada body perseneleng bagian belakang , dengan dudukan as transmisi pada bagian depan. Caranya satu orang mengangkat menggunakan tambang dari kabin atas yang dibawah mengangkat menggunakan dongkrat atau tangan untuk mengepaskan posisi as transmisi dengan dudukannya pada bagian depan. Siapkan baut dan bautlah satu dulu jika sudah pas. Paskan lagi lubang baut yang lain dan masukkan baut pada lubangnya. Jika sudah benar-benar pas as transmisinya pada dudukannya kencengkan semua baut dan pasang kembali nepel persenelngnya.

Tips agar plat kopling awet

1. Sebaiknya jangan membiasakan kaki selalu menyandar pada pedal kopling.

2. Menggunakan kopling setengah pada jalan berlubang atau jalan terjal. Jika menemui jalan berlubang dan jalan terjal yang panjang gunakan gigi 1 atau 2 sehingga jika bertemu lubang tidak harus menekan pedal kopling setengah sambil gas. Cukup pedal kopling dilepas kemudian di gas. Kecuali lubang sangat dalam pedal kopling ditekan dilepas pelan-pelan sambil digas sesuai kebutuhan. Intinya menekan kopling setengah sambil gas dalam waktu yang lama akan menyebabkan kanpas kopling aus.

3. Pada saat kepater atau mobil tidak bisa jalan pada tanah licin sehingga hanya ban saja yang berputar, sebaiknya jangan dipaksakan menekan kopling setengan sambil digas terus menerus. Sebaiknya cari batu, kayu untuk menganjal dan memasukkan pada tanah yang licin agar ban dapat berputar. Atau didorong tanpa harus memainkan kopling setengah sambil digas terus menerus.

4. Jangan merendam perseneleng pada genangan air. Jika kopling terendam air maka kopling akan mengembang bahkan rontok yang bisa menyebabkan mobil tidak bisa berjalan. Jadi jika mobil sudah dioper gigi tidak mau jalan berarti koplingnya yang bermasalah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar