Kamis, 08 Februari 2018

Rem Mobil Kadang Ringan Kadang Keras

Tiba-tiba rem terasa berat saat diinjak. Gejala ini perlu diwaspadai. Rem keras ada yang mengira boster remnya, master remnya, masuk angin dan sebagainya. Agar tidak salah untuk memperbaiki sebaiknya perlu pengetesan pada selang boster rem (Check valve). Selang ini terletak pada boster rem yang menuju intake manifold mobil seperti tampak pada gambar. Pada mobil suzuki carry selang ini terlihat jelas ketika saat mengisi oli mesin. Ada selang yang melengkung panjang biasanya selangnya sudah keras yang menuju boster rem. Cara mengetesnya sangat mudah. Cobalah lepas ujung selang ini pada boster rem. Hidupkan mobil dan tempelkan jempol tangan pada ujung lubang selang boster rem ini. Jika ada hisapan berarti chek valve atau selang boster rem ini masih berfungsi dengan baik.

Chek valve ini memang jarang rusak. Tapi karena usia pemakaian, selang ini bisa saja kotor dan mampet. Akibatnya udara dari boster rem tidak bisa keluar. Atau  selang boster rem ini retak dan bocor sehingga ada udara balik yang masuk dari luar. Selang udara check valve ini bersifat satu arah dari boster rem menuju intake manifold. 

Mampetnya atau bocornya saluran udara pada selang boster rem ini bisa mengakibatkan rem menjadi keras sendiri karena udara dari boster rem tidak bisa keluar. Gejala-gejala yang selang boster rem yang menuju intake manifold mampet, rusak atau bocor adalah :

1. Pedal rem kadang ringan kadang terasa berat

Jika selang boster rem tidak ada masalah maka pengecekan selanjutnya adalah pada boster remnya. Untuk mengecek boster rem caranya adalah :

1. Matikan mesin kontak posisi OFF

2. Coba kocok-kocok pedal rem hingga pedal rem pada posisi teratas dan kaki biarkan menempel pada pedal rem.

3. Hidupkan mesin.

4. Saat mesin hidup kaki akan merasakan pedal rem turun dengan sendirinya

5. Matikan mesin

6. Kaki biarkan menempel pada pedal rem saat dibawah. Kemudian kocok pedal rem. Jika pedal rem naik dengan sendirinya setelah dikocok, berarti boster rem normal tidak rusak.

Sedangkan ciri master rem rusak biasanya saat direm tidak pakem atau ngempos meskipun sudah dilakukan pembuangan angin ke semau nepel.

Jadi kalau rem kadang keras periksalah dahulu selang dari boster rem yang menuju ke intake manifold. Dan periksa boster rem jika selangnya tidak bermasalah.



   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar