Rabu, 14 Agustus 2019

Cara mengganti Laher Roda Mobil Suzuki Carry

Ciri ciri laher roda depan dan belakang perlu diganti adalah jika ban terangkat dan digoyang goyang terasa oblag. Tapi dilihat dulu ke 4 baut rodanya. Jika sudah kenceng masih oblag bisa dipastikan laher atau dudukan laher sudah aus. Ciri ciri lain jika laher roda sudah minta diganti terutama yang bagian depan adalah saat dipakai jalan mulus dengan kecepatan 60-80 ketemu jalan miring karena lubang akan terasa glayar gluyur. Jika ketemu jalan berlubang atau tidak rata akan terasa tidak stabil bahkan yang parah akan menimbulkan bunyi gluduk gluduk.

Cara menggantinya cukup mudah.
  • Bagian belakang

  1. Pada bagian roda belakang langkah pertama adalah kendurkan 4 but roda dulu. Setelah kendur baru didongkrak. Kendurkan lagi 4 baut roda hingga terlepas. Siapkan balok sebagai cadangan penyangga dongkrak yang diletakkan pada bagian sasis untuk jaga jaga agar aman.
  2. Lepas ban, kendurkan setelan kanpas rem yang berbentuk gir lewat lubang teromol agar teromol mudah dilepas.
  3. Kendurkan 4 baut no 12 penahan as roda yang letaknya dibagian belakang. Setelah kendur biarkan menggantung jangan dilepas karena ada selang minyak rem yang mesti hati hati jangan sampai patah. Cari tali posisikan piringan besi penahan as roda berada ditengah pas agar saat as roda ditarik tidak ikut tertarik.
  4. Cara menarik as roda belakang banyak cara.
    Pada gambar diatas ada 4 baut roda bisa digunakan sebagai tempat untuk mengikat dengan tambang, kalau menggunakan kawat, rante, atau besi buatlah ujungnya berbentuk bulat pas baut as roda dan bautlah dengan baut roda atas dan bawah saja. Cari balok sebagai pendorong kawat atau rante dan pukul pelan pelang hingga as roda bisa terlepas dari dudukannya. Mobil tua yang sudah aus sedikit pada bagian dudukan laher as roda biasanya tidak terlalu sulit. Yang sulit adalah jika dudukan laher presisi dengan laher karena pernah dibawa ke tukang bubut tambah daging atau menggunakan lem besi pada bagian dudukan laher.
  5. Cara lain menggunakan alat khusus buatan sendiri biasanya bengkel bengkel yang sering bongkar as roda karena tidak mau ribet dengan cara manual.
  6. Setelah as roda terlepas kanan dan kiri, bukalah seal as rodanya sekalian dengan cara mencongkel keluar. Seal as roda lama jika dicongkel pasti rusak jangan dipake lagi dan belikan saja yang baru. Kemudian  beli laher baru, sealnya dan laher tahanan sesuai ukuran yang tertera di laher. Atau bawa dua as roda ke toko onderdil mobil beli baru 4 buah kanan dan kiri sekaligus bawa laher dan sealnya yang baru  ke tukang bubut untuk dipasangkan. Biaya berkisar 100-200 ribu pasang laher roda.
  7. Disarankan jangan membuka laher as roda sendiri jika tidak memiliki alat press pembuka laher. Mengapa? karena jika as roda sampai baret atau dudukan as roda tidak presisi lagi dikhawatirkan jika dipasang seal yang baru sekalipun akan tetap bocor, rembes. Jadi jika sudah membongkar laher roda jangan memaksakan yang lama baik laher, sealnya, penahannya dipakai lagi sekalipun tampak masih bagus. 
  8. Setelah pemasangan laher dan penahan beres dari tukang bubut, jangan langsung dipasang dulu. Cari senter yang terang dan sorot bagian dalam selongsong as roda. Biasanya bagian atas penuh kotoran pasir dan debu yang menempel akibat usia pemakaian. Sempatkan untuk membersihkan dengan caranya sendiri pakai kain di lumasi solar untuk mengeluarkan kotoran. Yang bagus buka gear box gardan dengan cara membuka baut join kopel dan baut gear boknya . Setelah baut terlepas semua dongkrak sedikit bagian gardan gear bok agar terangkat dikit supaya lepas dari klem sealer. Angkat keluar gear bok gardannya. Setelah itu bersihkan total bagian dalam gardan sampai bersih.
  9. Tujuannya adalah supaya awet untuk jangka panjang, oli tidak rembes, gardan bersig, tidak bunyi dengung.
  10. Pada saat membuka gear bok gardan setel ulang gear boknya. Kendurkan baut setelannya disetel tidak kenceng dan tidak kendur putaran gigi gear box nya. Maksudnya supaya mobil tarikan enteng pada bagian gardan. Yang jelas disetel intinya putaran gear box gardan tidak kendor banget dan juga tidak kenceng banget.
  11. Pada saat membersihkan gardan disarankan untuk membuka lubang angin gardan dibersihkan jangan sampai mampet. Lubang udara gardan biasanya jarang dikontrol padahal rawan terkena kotoran yang bisa mengakibatkan mampet. Lubang ini sangat berfungsi sebagai saluran udara gardan menghindari oli gardan plepek didalam gardan dan akhirnya rembes pada seal gardan. 
  12. Cara pemasangan as roda belakang jangan lupa seal yang baru dipasang dulu kasih gemuk, cari pipa bulat selebar seal untuk mendorong seal agar presisi pasangnya. Ingat pasang sealnya jangan miring harus rata presisi agar bisa press dengan laher penahan as roda supaya tidak rembes olinya. 

Bagian depan
  1.  Pemasangan laher bagian depan tidak sesulit bagian belakang caranya sama membuka baut 19, membongkar teromol, kemudian membuka baut penahan cakram, dan setelah diangkat keluar tinggal mendorong lahernya.Yang sering rusak bagian depan bukan lahernya tapi dudukan laher bagian dalam. Meskipun demikian disarankan ganti semua lahernya dan pergi ke tukang bubut jika laher dan dudukannya tidak presisi lagi. jangan diakal-akali dengan mengganjal plat karena justru akan bertambah parah. Sebaiknya keluar uang untuk menambah daging ditukang bubut daripada saat dijalan glyar gluyur membahayakan keselamatan jiwa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar